Rabu, 24 Oktober 2012

MUSEUM TERTUA TERTATA KEMBALI

Museum Tertua di Indonesia Ditata Kembali
Posted on Senin, Oktober 15, 2012 by Laskar Pelangi with No comments

SOLO--Museum Radya Pustaka di Solo yang merupakan museum tertua di Indonesia, mendapat kucuran dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar satu miliar rupiah untuk penataan kembali. "Anggarannya sudah pasti turun sebesar satu miliar rupiah. Nanti untuk pembuatan DED (Detail Engineering Design) dianggarkan sebesar Rp50 juta. Diharapkan DED bisa selesai tahun ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Surakarta Widdi Srihanto di Solo, Jumat.

Dana tersebut rencananya untuk penataan fisik yang meliputi bangunan museum itu dan manajemen pengelolaan. Ia mengatakan, anggaran Rp950 juta akan difokuskan kepada penataan fisik.Widdi mencontohkan adanya pembenahan ruang pamer yang salah satu caranya dengan menambahkan keterangan sejarah kepada seluruh koleksi. Hal itu, katanya, untuk memudahkan pengunjung memahami benda- benda bersejarah yang menjadi koleksi museum tertua di Indonesia tersebut.

 Pihaknya juga akan melakukan sejumlah penataan koleksi. Hal itu sebagai kebutuhan mendesak karena banyak benda purbakala yang belum bisa dipamerkan di museum tersebut. "Seperti sejumlah arca yang masih dititipkan di kediaman Go Tik Swan. Itu kan sudah diserahkan ke pemerintah, tetapi sampai sekarang kami masih kesulitan memajang karena tempat terbatas. Ada pula sejumlah benda-benda memorabilia yang belum terpajang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar